DAN SOLUSINYA
Boleh dibilang sebagian besar anda
dirumah tidak memiliki alat atau tools untuk mengatasi masalah jaringan seperti
LAN tester, Multi-meter atau sejenisnya. Kita tahu bahwa
jaringan komputer kita tidak selamanya akan berjalan sesuai dengan
harapan kita untuk berada pada performa terbaiknya. Suatu saat ada kalanya kita
mengalami suatu masalah jaringan yang mengharuskan kita melakukan
troubleshooting untuk mencari masalahnya dan mengembalikan jaringan seperti
normalnya.Baca juga : Masalah Umum Yang Terjadi Pada
Jaringan atau Cara Menigkatkan Koneksi
Wireless
Cara
Mengatasi Masalah Jaringan WAN
Jika dalam suatu jaringan kelas
enterprise yang complex, seorang atau beberapa engineer jaringan
menggunakan tools untuk melakukan troubleshooting masalah jaringan misal dengan
networkmanagement tools untuk mendeteksi titik kerusakan, LAN-tester,
multi-meter dll. Sementara untuk jaringan dirumahan anda tidak memerlukan atau
tidak ada tools tersebut untuk memperbaiki masalah jaringan anda.
Gambar 1 berikut ini menunjukkan
diagram jaringan LAN dirumahan yang biasa digunakan untuk membagi sambungan
internet seperti Speedy atau jaringan Cable lainnya dimana perangkat jaringan
yang umum digunakan adalah modem-router yang terhubung ke Internet lewat ISP
anda, sebuah Switch LAN, kabel jaringan penghubung antara modem-router dengan
Switch, dan beberapakomputer. PC-A terhubung ke Switch (port#1) dengan
menggunakan kabel jaringan –A dan PC-B dengan kabel jaringan-B ke Switch
port#7.
Ada beberapa situasi dimana anda mengalami gangguan koneksi internet yang mengharuskan andamelakukan troubleshooting jaringan.
Ada beberapa situasi dimana anda mengalami gangguan koneksi internet yang mengharuskan andamelakukan troubleshooting jaringan.
A> PC-A tidak bisa mengakses
internet tapi PC-B bisa
Dalam scenario ini, PC-A
mengalami gangguan tidak bisa koneksi ke internet, sementara PC-B tidak
bermasalah sama sekali. Ini bisa disimpulkan sebagai berikut:
1. Layanan Internet dari ISP tidak
ada gangguan
2. Kemungkinan Switch atau port bermasalah
3. Modem tidak bermasalah
2. Kemungkinan Switch atau port bermasalah
3. Modem tidak bermasalah
Troubleshooting masalah
jaringan yang bisa anda lakukan adalah
mencurigai ada masalah pada adapter NIC komputer, port Switch bermasalah,
atau kabel jaringan-A bermasalah.
1. a. NIC disabled
Pastikan bahwa NIC adapter PC-A anda
tidak di disable secara tidak sengaja. Anda bisa melihat tanda icon local
connection (gambar komputer kembar) dipojok kanan bawah
layar monitor anda. Jika biasanya anda bisa melihatnya sekarang anda
tidak melihatnya, anda patut mencurigai kalau NIC adapter anda dalam kondisi
disabled. Dalam XP/7 Masuk ke control panel: Klik Start
> Control Panel > double klik network connection > lihat
apakah ada icon local connection adapter anda dalam kondisi disable yang biasa
ditandai dengan warna samar abu-abu seperti dalam gambar 2 berikut.
icon dan NIC adapter disabled
icon dan NIC adapter disabled
Jika terlihat samar abu-abu, klik
kanan icon tersebut dan pilih Enable. Jika sukses, maka anda bisa melihat lagi
gambar komputer icon dipojok kanan bawah monitor anda.
Anda juga bisa melakukan testing
dengan menggunakan command ‘ipconfig /all’ pada command line. Masuk ke command
line interface dengan menekan tombol ‘gambar windows’ dan tombol ‘R’
secara bersamaan dan pada Run Command ketik CMD dan tekan Enter. Atau anda bisa
menggunakan klik Start > pilih Run > ketik ‘CMD’ dan tekan Enter. Pada
command interface ketik:
Ipconfig /all
Maka akan muncul sederetan
konfigurasi seperti pada pesan berikut ini:
Windows IP Configuration
Host Name . . . . . . . . . . . . : TOWER
Primary Dns Suffix . . . . . . . :
Node Type . . . . . . . . . . . . : Unknown
IP Routing Enabled. . .
Windows IP Configuration
Host Name . . . . . . . . . . . . : TOWER
Primary Dns Suffix . . . . . . . :
Node Type . . . . . . . . . . . . : Unknown
IP Routing Enabled. . .
No
WINS Proxy Enabled. . . . . . . . : No
Ethernet adapter Internal LAN:
Connection-specific DNS Suffix . :
Description . . . . . . . . . . . : Realtek RTL8139 Family PCI Fast Ethernet NIC #2
Physical Address. . . . . . . . . : 00-1C-F0-B9-F2-A9
Dhcp Enabled. . . . . . . . . . . : No
IP Address. . . . . . . . . . . . : 192.168.1.25
Subnet Mask . . . . . . . . . . . : 255.255.255.0
Default Gateway . . . . . . . . . : 192.168.1.1
DNS Servers . . . . . . . . . . . : 202.134.1.10
WINS Proxy Enabled. . . . . . . . : No
Ethernet adapter Internal LAN:
Connection-specific DNS Suffix . :
Description . . . . . . . . . . . : Realtek RTL8139 Family PCI Fast Ethernet NIC #2
Physical Address. . . . . . . . . : 00-1C-F0-B9-F2-A9
Dhcp Enabled. . . . . . . . . . . : No
IP Address. . . . . . . . . . . . : 192.168.1.25
Subnet Mask . . . . . . . . . . . : 255.255.255.0
Default Gateway . . . . . . . . . : 192.168.1.1
DNS Servers . . . . . . . . . . . : 202.134.1.10
Atau anda juga bisa menggunakan
testing menggunakan command ‘ping localhost’ atau ‘ping 127.0.0.1’ yang
berfungsi untuk memastikan konfigurasi TCP/IP anda sempurna, lihat apakah anda
mendapatkan respon bagus. Jika anda mendapatkan RTO (request time out) maka
bisa dipastikan bahwa konfigurasi TCP/IP anda tidak benar atau NIC adapter anda
dalam kondisi disabled.
Host Name . . . . . . . . . . . . :
TOWER
Primary Dns Suffix . . . . . . . :
Node Type . . . . . . . . . . . . : Unknown
IP Routing Enabled. . . . . . . . : No
WINS Proxy Enabled. . . . . . . . : No
Ethernet adapter Internal LAN:
Connection-specific DNS Suffix . :
Description . . . . . . . . . . . : Realtek RTL8139 Family PCI Fast Ethernet NIC #2
Physical Address. . . . . . . . . : 00-1C-F0-B9-F2-A9
Dhcp Enabled. . . . . . . . . . . : No
IP Address. . . . . . . . . . . . : 192.168.1.25
Subnet Mask . . . . . . . . . . . : 255.255.255.0
Default Gateway . . . . . . . . . : 192.168.1.1
DNS Servers . . . . . . . . . . . : 202.134.1.10
Primary Dns Suffix . . . . . . . :
Node Type . . . . . . . . . . . . : Unknown
IP Routing Enabled. . . . . . . . : No
WINS Proxy Enabled. . . . . . . . : No
Ethernet adapter Internal LAN:
Connection-specific DNS Suffix . :
Description . . . . . . . . . . . : Realtek RTL8139 Family PCI Fast Ethernet NIC #2
Physical Address. . . . . . . . . : 00-1C-F0-B9-F2-A9
Dhcp Enabled. . . . . . . . . . . : No
IP Address. . . . . . . . . . . . : 192.168.1.25
Subnet Mask . . . . . . . . . . . : 255.255.255.0
Default Gateway . . . . . . . . . : 192.168.1.1
DNS Servers . . . . . . . . . . . : 202.134.1.10
Atau anda juga bisa menggunakan
testing menggunakan command ‘ping localhost’ atau ‘ping 127.0.0.1’ yang
berfungsi untuk memastikan konfigurasi TCP/IP anda sempurna, lihat apakah anda
mendapatkan respon bagus. Jika anda mendapatkan RTO (request time out) maka
bisa dipastikan bahwa konfigurasi TCP/IP anda tidak benar atau NIC adapter anda
dalam kondisi disabled.
1. b. Switch Port Bermasalah
PC-A tidak bisa mengakses ke
internet bisa jadi karena port dimana PC-A tersebut terhubung bermasalah
alias mati. Pada umumnya sebuah Switch dilengkapi dengan lampu LED yang
mewakili masing-masing port. Jika port tersebut aktif / terhubung
ke komputer yang lagi On, maka lampu akan menyala alias berkedip
cepat.
Periksa kabel jaringan-A mengarah ke
port nomor berapa (dalam hal ini port#1) dan lihat apakah lampu LED port #1
berkedip cepat atau mati. Jika anda dapati lampunya mati, coba
terlebih dahulu melepas dan memasukkan lagi dengan kuat dikedua PC-A dan juga
di Switch dan lihat apakah ada respon. Jika masih tetap mati, maka pindah
kan kabel jaringan-A ke port yang masih kosong misal port#2 dan lihat apakah
ada respon. Jika port#2 ternyata hidup dan PC-A bisa konek ke internet, maka
anda bisa memastikan port#1 rusak. Tandai port#1 ini dengan tanda ‘tusak’ atau
tutup dengan isolasi.
1. c. Cable Jaringan Bermasalah
Jika pada langkah b diatas anda
tidak berhasil, maka langkah berikutnya adalah memastikan bahwa kabel anda
bermasalah. Tukar kabel-A dengan kabel jaringan-B dari komputer B dan
lihat apakah ada reaksi dengan LED yang nyala dan PC-A bisa koneksi ke
internet. Jika ternyata bisa menyelesaikan masalah maka anda bisa memastikan
bahwa kabel jaringan-A bermasalah. Tandai kabel tersebut dengan ‘rusak’ dan
ganti dengan yang baru.
B> Semua PC tidak bisa Konek ke
Internet
Jika anda mendapati bahwa semua PC
tidak bisa koneksi ke internet, kemungkinan anda mempunyai masalah:
1. Dengan Switch anda, atau
2. Dengan modem-router anda, atau
3. Kabel koneksi antara Switch dan modem, atau
4. Masalah terletak pada ISP anda.
2. Dengan modem-router anda, atau
3. Kabel koneksi antara Switch dan modem, atau
4. Masalah terletak pada ISP anda.
Jika anda mendapati semua Switch
dalam keadaan mati, patikan power terpasang dengan baik, dan jika masih
tidak mau On, maka anda bisa memastikan ada masalah dengan Swicth anda. Ganti
dengan yang baru atau bawa ke bengkel elektronik.
Jika lampu power dan semua port yang
aktif (port#1 dan port#7 dalam scenario ini) ternyata On, maka coba
pastikan koneksi kabel jaringan antara Swicth dengan modem-router terhubung
dengan baik. Lepas dan masukkan lagi di kedua sisi ujung kabel di
Switch dan di sisi modem dan lihat apakah ada perubahan. Jika ternyata koneksi
internet bisa kembali normal, maka sambungan koneksi anda tidak sempurna.
Jika sambungan koneksi anda bisa
memastikan bagus, maka coba ganti kabel tersebut dan lihat apa menyelesaikan
masalah atau tidak. Jika berhasil, berarti kabel tersebut bermasalah, tandai
dengan tanda ‘rusak’.
Jika ternyata masih bermasalah, maka
anda bisa menelpon operator ISP anda kalau ada masalah dengan layanan internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar